Pendampingan Sebaya Lightbringers

Into the Light Indonesia memberikan pelayanan “Pendampingan Sebaya Lightbringers”, yang berupa layanan konseling sebaya (peer counseling), rujukan kepada profesional, dan edukasi mengenai bunuh diri.

PENTING: PENDAMPINGAN SEBAYA BUKAN PENGGANTI DARI LAYANAN CEPAT TANGGAP 24 JAM ATAU LAYANAN DARURAT.

APABILA ANDA ATAU KERABAT MENGALAMI KEADAAN KRISIS ATAU ANCAMAN BUNUH DIRI YANG MENDESAK, JANGAN RAGU UNTUK SEGERA MENGHUBUNGI RUMAH SAKIT, TENAGA PROFESIONAL KESEHATAN JIWA, ATAU KLINIK PSIKOLOG TERDEKAT DI KOTA ANDA.

Layanan pendampingan apa saja yang disediakan?

Kami menyediakan layanan pendampingan curhat konseling sebaya, bantuan rujukan kepada tenaga profesional kesehatan jiwa terdekat, atau ruang untuk bertanya dengan topik seputar bunuh diri atau kesehatan jiwa.

Pendampingan juga dapat dilakukan tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga jika Anda menemukan anggota keluarga atau kerabat yang menunjukkan keinginan untuk bunuh diri.

Bagaimana caranya saya menghubungi layanan pendampingan?

Anda dapat menghubungi kami via surel/email ke pendampingan.itl@gmail.com.

Kapan layanan ini buka?

Layanan pendampingan sebaya akan tersedia Senin – Jumat, 21:00 – 23:00 WIB, serta tutup pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional/cuti bersama yang ditetapkan pemerintah.

Anda dapat mengirimkan email kapan saja, dan kami akan membalas pada rentang waktu di atas.

Berapa lama biasanya pesan saya akan dibalas?

Kami akan berusaha membalas pesan Anda secepat mungkin. Namun, kami tidak dapat menjamin bahwa kami akan membalas dengan tepat waktu, karena kami harus menyesuaikan tingginya volume responden yang ingin melakukan pendampingan dengan keterbatasan anggota tim Pendampingan Sebaya.

Kami berterima kasih atas kesabaran Anda selama menunggu respon dari kami.

Seluruh tim Task Force Into The Light adalah sukarelawan yang bekerja penuh atau memiliki profesi masing-masing, selain berkontribusi di Into The Light.

Tetapi, saya membutuhkan respon secepat mungkin!

Apabila situasinya darurat, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan gawat darurat dari rumah sakit terdekat dari lokasi Anda sekarang juga.

Pendampingan Sebaya Lightbringers bukan layanan tanggap cepat dan bukan layanan darurat bunuh diri.

Apakah pendampingan sebaya ini bisa menjadi pengganti layanan konsultasi kepada psikolog atau psikiater?

Tidak. Tim pendampingan kami berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Meskipun semua anggota tim sudah menjalani pelatihan yang memadai, mereka tidak dilatih untuk menjadi peran pengganti psikolog, psikiater atau tenaga profesional kesehatan jiwa lainnya.

 

Pendampingan kami juga tidak ditujukan untuk:

  • Melakukan diagnosis kesehatan jiwa
  • Memberikan resep obat-obatan atau terapi
  • Memberikan Surat Keterangan Kesehatan Jiwa

Apakah Into The Light menyediakan layanan Pendampingan Sebaya di media sosial?

Tidak.

Silakan hubungi kami di media sosial hanya untuk hal-hal yang tidak terkait dengan pendampingan sebaya, seperti informasi menjadi sukarelawan, kegiatan kami, atau media massa yang akan meliput kami.

Apakah pendampingan sebaya dapat dilakukan secara tatap muka, atau dengan menjangkau ke rumah?

Tidak. Untuk saat ini, kami merancang pendampingan sebaya untuk memberikan rekomendasi profesional secara daring (online), melalui email pendampingan.itl@gmail.com.


Apakah di Indonesia terdapat layanan hotline untuk pencegahan bunuh diri?

Tidak ada. Kementerian Kesehatan Indonesia pernah membuat hotline pencegahan bunuh diri yang tersedia secara nasional, namun ditutup karena rendahnya jumlah penelefon dari tahun ke tahun, serta minimnya penelefon yang benar-benar melakukan konsultasi kesehatan jiwa.

Apakah saya bisa mencari fasilitas kesehatan jiwa terdekat di kota saya?

Bisa. Menurut data dari Kemenkes, saat ini terdapat 3602 Puskesmas, lebih dari 247 RS Umum dengan layanan jiwa yang lengkap, dan 37 RSUD Rujukan Regional sudah memiliki layanan kesehatan jiwa.

Selain itu, saat ini juga tersedia 35 RS Jiwa dan 1 Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) milik Pemerintah, serta 14 RSJ milik swasta.

Kemenkes dan Into The Light mendorong orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan jiwa untuk segera mencari fasilitas kesehatan jiwa terdekat di tingkat kota/provinsi.

Apakah saya dapat melakukan konseling secara online dengan psikolog/psikiater?

Untuk menjamin privasi Anda dan agar psikolog/psikiater dapat memberikan pelayanan dengan lebih profesional, maka diagnosis, pemberian obat-obatan, atau terapi dengan psikolog/psikiater harus dilakukan secara tatap muka.

Namun, Anda bisa melakukan konseling melalui telepon, SMS, atau email untuk sekedar bertanya atau mengatur waktu pertemuan dengan psikolog/psikiater.

Beberapa RSJ yang sudah memiliki layanan konseling melalui telepon, antara lain:

Apakah saat saya melakukan konsultasi psikolog/psikiater di rumah sakit/puskesmas dikenai biaya? Bagaimana jika saya mengalami kendala keuangan?

Ya, dan biaya tersebut akan bervariasi tergantung dengan lokasi konsultasi atau jenis layanan yang nantinya akan diberikan.

Jika Anda mengalami kendala ekonomi, Anda dapat mengkonsultasikan masalah ini dengan psikolog, psikiater, atau bagian administrasi rumah sakit yang Anda hubungi. Dalam situasi genting, kebanyakan psikolog/psikiater bersedia untuk memberikan layanan profesional tanpa dipungut biaya.

Dalam beberapa kasus, Anda akan diberikan obat-obatan tertentu. Harap dicatat, tidak semua jenis obat-obatan dan/atau biaya lainnya dapat ditanggung oleh BPJS atau asuransi kesehatan.

Laman ini terakhir dimuktahirkan 13 Februari 2018.

Advertisements